Babinsa Sumbergedong Turut Bantu Dalam Gerakan Pengendalian OPT

TRENGGALEK – Babinsa Koramil 0806/01 Kota Kodim 0806 Trenggalek Sertu Purwanto bersama PPL membantu Kelompok Tani Karya Agung menyelenggarakan Gerakan Penggendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) di Kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek, Trenggalek, Kamis (19/9).

Hal ini sebagai langkah dan upaya untuk mencegah berkembangnya hama yang merupakan organisme pengganggu tanaman padi yang menyebabkan tanaman padi terserang penyakit hingga daun menguning dan mati karena di wilayah ini merupakan endemi OPT.

Berdasarkan laporan para petani dan pengecekan dilapangan oleh Babinsa dan PPL ditindaklanjuti oleh dinas pertanian maka setelah berkordinasi memutuskan untuk melakukan Gerakan pengendalaian OPT yang ada di ialayah Kelompok Tani Karya Agung Kelurahan Sumbergedong yang dilakukan secara bersama-sama agar lebih maksimal.

Kegiatan ini sangat perlu dilakukan dalam rangka upaya kusus dalam Swasembada Pangan di wilayah Kabupaten Trenggalek karena salah satu diantara penyebab gagalnya panen bagi petani adalah banyaknya OPT.

“Dengan adanya pendampingan Babinsa di Kelompok Tani dan PPL dalam mendukung petani diharapkan hasil panen padi bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” kata Darmo (65), salah satu petani yang ada di lokasi.

Sementara itu, Babinsa Kelurahan Sumbergedong Sertu Purwanto berharap agar para Kelompok Tani segera melaporkan apabila ada permasalahan dan kendala masalah pertanian kepada Babinsa atau PPL sehingga dapat dibantu penyelesainya agar hasil panen bisa memuaskan,” tandasnya.(Fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*