Babinsa Desa Ngadirejo Konsisten Bantu Petani Tanam Padi

4a.jpg

TRENGGALEK Babinsa Koramil 0806/02 Pogalan Kodim 0806 Trenggalek Sertu Suhardi ikut membantu Kelompok Tani Sri Lestari menanam padi di wilayah Desa Ngadirejo, Kecamatan Pogalan, Trenggalek, Kamis (7/2/19).

Babinsa Sertu Suhardi menyebutkan, Pihaknya membantu menanam padi varietas Ciherang dengan metode pertanian jajar legowo di lahan yang di kelola Sri Lestari, dengan luasan tanam satu hektare.

“Petani memang perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo,” ungkap Sertu Suhardi di sela menanam padi.

Dengan metode pertanian tersebut, diharapkan tingkat pertumbuhan tanaman padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen. Dengan hasil panen maksimal, diharapkan program ketahanan pangan di Kabupaten Trenggalek dapat tercpai dengan maksimal.

Menurut Ketua Kelompok Tani Sri Lestari, Pamuji (60), sistem jajar legowo dengan bibit padi Ciherang telah diuji coba dan hasilnya benar meningkat. Saat ini seluruh anggota kelompok tani hampir telah mempraktekan.

“Setelah diuji coba di area persawahan kami, saat ini hampir semua petani berbondong bondong ikut menanam dengan metode jajar legowo, karena mereka juga ingin hasil panen bisa meningkat,” harapnya.(Fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*