Babinsa Ngulung Wetan Dampingi Petani Penyiangan Tanaman Padi

2a.jpg

TRENGGALEK – Babinsa Ngulung Wetan Koramil 0806/12 Munjungan Serda Hendro mendampingi petani melaksanakan penyiangan tanaman padi dari gulma dan rumput liar, di lahan sawah Poktan Sumber Rejeki, Desa Ngulung Wetan, Kecamatan Munjungan, Trenggalek, Selasa (11/12/18).

Di areal persawahan seluas 0,5 hektar milik Sumadi (56) anggota Poktan Sumber Rejeki yang ditanami jenis padi varietas Ciherang, pendampingan dilakukan Serda Hendro dengan turun langsung ke sawah, bersama petani membersihkan gulma dan rumput/tumbuhan liar.

Saat ditemui, Serda Hendro mengatakan, Penyiangan merupakan bagian dari perawatan tanaman padi berupa mencabut gulma atau rumput / tumbuhan liar yang terdapat di antara tanaman pertanian.

Menurutnya, Penyiangan ini dapat dilakukan secara manual dengan mencabut langsung menggunakan tangan, secara kimiawi dengan herbisida dan secara mekanis dengan menggunakan mesin.

Lebih lanjut, Gulma atau tumbuhan liar yang ada pada tanaman pertanian harus dibersihkan karena akan menghambat pertumbuhan tanaman utama yang berdampak pada pencapaian produksi,” terang Serda Hendro.(Fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*