SOSIALISASI BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) BAGI MASYARAKAT KABUPATEN TRENGGALEK

TRENGGALEK – Kabid Kesehatan Trenggalek dr. Rofik Hidiyono menggelar Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi masyarakat dan simulasi penanganan keselamatan korban gawat darurat di ruang Gajah Mada Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Senin (12/2/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Kodim 0806/Trenggalek, Polres Trenggalek, Dishub Trenggalek, Satpol PP Trenggalek dan Basarnas Trenggalek.

Sosialisasi BHD ini di paparkan oleh narasumber dr. Bobi Prabowo (RSUD Iskak Tulungagung) yang menjelaskan bahwa Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan bagian dari pengelolaan kegawatdaruratan medik.

Tujuan dari BHD ini adalah memberikan pelayanan penanganan medis ataupun non medis atas kasus ke gawat daruratan yang terjadi di masyarakat sebelum mendapat pelayanan medis di RSU. Kegiatan ini juga menjelaskan tentang pencegahan berhentinya respirasi atau berhentinya sirkulasi dan memberikan bantuan eksternal terhadap sirkulasi dan ventilasi dari pasien yang mengalami henti jantung atau henti nafas melalui resusitasi jantung paru (RJP), sosialisasi ini dilakukan agar seluruh personil mengetahui tentang BHD,” jelas dr. Bobi.(Fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*