DANDIM 0806/TRENGGALEK KUNJUNGI RUMAH COKLAT DAN UJI COBA MESIN TANAM PADI DI KECAMATAN KARANGAN.

TRENGGALEK − Dandim 0806/Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos. laksanakan kunjungan ke Rumah Coklat Jln. Raya Karangan – Panggul Kec. Karangan Kab. Trenggalek dalam rangka melihat uji coba alat mesin tanam padi (Rice Transplanter), Jum’at (12/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0806/Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos., Kadis Pertanian Kab. Trenggalek Ir. Joko Surono, Dinas Pertanian Kab. Trenggalek Heru Saptono, Pasiter Kodim 0806/Trenggalek Kapten Inf Supoto, Muspika Kec. Karangan, anggota Koramil 0806/08 Karangan, anggota Polsek Karangan, Kepala BPP Karangan Titik Sumiati, S.P., Mantri Tani Karangan Dina Septaria, S.P. serta Kelompok Tani Sari Makmur Desa Karangan.

Kadis Pertanian Kab. Trenggalek Ir. Joko Surono menyamapaikan alat Penanam Padi atau disebut juga Rice Transplanter merupakan suatu alat tanam padi yang masih baru bagi kita dalam penggunaannya, tidak seperti di negara-negara maju alat ini sudah tidak asing lagi bagi mereka karena jumlah tenaga kerja sudah kian terbatas untuk mengimbangi hal tersebut dibuatlah alat tanam agar kegiatan pertanian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Saat ini hal yang sama sudah mulai dirasakan oleh petani kita, tenaga-tenaga petani muda sudah mulai beralih profesi mencari pekerjaan lain sehingga tenaga kerja dibidang pertanian mulai menurun. Alat transplanter ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi keterbatasan jumlah tenaga kerja untuk melakukan penanaman benih padi di lahan sawah. Dengan hadirnya teknologi ini diharapkan dapat mempercepat laju peningkatan produksi padi untuk mengimbangi pertambahan jumlah penduduk yang kian meningkat, sehingga kebutuhan akan pangan dapat terpenuhi bagi masyarakat kita, “ ulas Joko.

Sambutan Dandim 0806/Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S. Sos., mari kita bersama-sama meningkatkan ketahanan pangan di Kab. Trenggalek ini. Mesin Rice Transplanter berfungsi untuk mempercepat, bermanfaat dan efektif dalam meningkatkan tentang hasil pangan para Petani. Harapan kami, mari kita saling berkoordinasi antara Dinas Pertanian, Kelompok Tani dan Koramil siap sebagai pendampinguntuk pengoperasionalkan mesin tanam padi (Transplanter) ini,” pungkas Dandim.(Fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*