SOSIALISASI PENANGANAN PENDERITA GANGGUAN KESEHATAN JIWA DI KEC. TUGU.

TRENGGALEK − Bertempat di Aula Kantor Kec. Tugu Kab. Trenggalek dilaksanakan Sosialisasi Penanganan Penderita Gangguan Kesehatan Jiwa oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Trenggalek dengan Narasumber Dr. Yekti Nurhaeni, Sp.KJ RSUD Dr. Soedomo Kab. Trenggalek, Kamis (16/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tugu Drs. Budianto, Danramil 0806/09 Tugu Kapten Caj Imam Ansori, Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto, Dr. Yekti Nuraeni Sp.KJ RSUD Dr. Soedomo Kab. Trenggalek, Kabid P2P Dinkes Dalduk dan KB Kab. Trenggalek Rufi’i, Kasi P2P Dinkes Dalduk dan KB Kab. Trenggalek Agus, Kepala Puskesmas Tugu Tatiek Yuliani, S.K.M., sSeluruh Kepala Desa se – Kec. Tugu, Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Tugu. Kader kesehatan jiwa wilayah Puskesmas Tugu dan Pucanganak.

Sambutan Camat Tugu Drs. Budianto, kita berkumpul bersama di Aula Kec. Tugu dalam rangka sosialisasi penanganan penderita gangguan kesehatan jiwa. Sosialisasi dari Narasumber akan menyampaikan aturan perundang-undangan yang disusun oleh legislatif dan eksekutif, untuk itu kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan sehingga untuk peraturan perundang-undangan ini masyarakat harus tahu semuanya,” tuturnya.

Sosialisasi oleh Dr. Yekti Nurhaeni Sp.KJ RSUD Dr. Soedomo Kab. Trenggalek, ia mengatakan orang yang sehat jiwanya merasa sehat dan bahagia, dapat menghadapi tantangan kehidupan, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya, bersikap positif kepada diri sendiri dan orang lain. ODGJ biasa disebut bagi penerita yang berat. Untuk anggota keluarga penderita ODGJ, Dr.Yekti Nurhaeni menyarankan agar supaya keluarga mau menerima anjuran petugas kesehatan untuk mendukung penderita, memberikan perawatan pasca di pasung sesuai anjuran, dan mau mendampingi ketika dilakukan rujukan.(Fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*